You are here
Home > Editor Picks > 5 Laptop AMD yang Siap Ngedate Sama Kamu di 2020

5 Laptop AMD yang Siap Ngedate Sama Kamu di 2020

Facebooktwitterrssyoutubeby feather

Beberapa waktu lalu, AMD mencatatkan capian terbaru. Mereka mengumumkan, telah melampaui target 25×20 Efisiensi Energi dari target yang telah ditetapkan pada 2014 untuk meningkatkan efisiensi energi prosesor mobile 25 kali pada 2020.

Prosesor mobile AMD Ryzen 7 4800H yang baru memberikan peningkatkan efisiensi energi pada pengukuran baseline 2014 sebesar 31,7 kali. Hal ini turut mempengaruhi peningkatan daya baterai, performa yang lebih baik, biaya energi yang lebih rendah dan pengurangan dampak lingkungan akibat komputasi.

“Kami selalu fokus pada efisiensi energi untuk prosesor kami, tetapi pada 2014 kami memutuskan untuk lebih menekankan pada kemampuan ini,” kata Chief Technology Officer dan Executive Vice President, Technology and Engineering, AMD, Mark Papermaster, 26 Juni 2020.

Hal ini sedikit banyak turut meningkatkan performa laptop-laptop yang ditenagai oleh AMD. Melalui situs laptopmag.com dan AMD Indonesia, berikut beberapa laptop favorit yang patut dipertimbangkan untuk diajak kencan di tahun 2020 ini.

1. HP Envy x360 13

Sumber foto: HP

Dari tampilannya, laptop bergenre Envy ini sangat mencolok dari unitnya yang bisa ditekuk-tekuk sampai 360 derajat. Dengan demikian, laptop super tipis ini bisa dipakai dalam keadaan standar, segi tiga berdiri, terbalik, sampai bisa dipakai layaknya menggunakan tablet.

Saat mengetik terasa nyaman karena tutsnya empuk dan dilengkapi backlight LED, touchpad persegi panjang, serta grille speaker di dekat layar.

Yang menjadi catatan penting, dulu memang laptop high-end dekat dengan Intel dan Nvidia. Namun kini, AMD mulai dipercaya menjadi landasar laptop-laptop canggih. Ada Ryzen 7 3700U yang merupakan tipe tertinggi dari Ryzen 3000U Series disematkan di dalamnya. Tak lupa RAM 16 GB Dual Channel dengan storage 512 GB PCIe NVMe.

Sentuhan premium ditunjukkan dengan penggunaan bodi dari material logam dan layar anti gores. Memang lini Envy sedikit di bawah seri Spectre yang menjadi kelas tertinggi HP.

Lihat Ketersediaan Produk dan Harga di sini.

2. Asus TUF Gaming FX506

Foto: AMD Indonesia

Jika mencari laptop gaming yang mumpuni tetapi tidak merokoh kocek dalam, salah satu jawabannya adalah ASUS TUF Gaming FX506.

Dapur pacu TUF FX506 ini menggunakan AMD Ryzen 4000 H-Series yang sudah berfabrikasi 7nm, sehingga memberikan performa tinggi namun hemat energi. Juga dilengkapi media penyimpanan SSD, menjadikan segala pembacaan data menjadi lebih cepat.  

Paduan dapur canggih dan kapasitas baterai yang kuat, masih ditambah dengan body military-grade, membuat TUF FX506 bisa mengerjakan apapun di manapun. Layar IPS selebar 15.6” Full HD nya pun mampu menawarkan refresh rate sebesar 144Hz serta 3ms response time menjadikan sangat siap untuk gaming maupun berkonten kreasi. 

Lihat Ketersediaan Produk dan Harga di sini.

3. Lenovo ThinkPad X395

Foto: Lenovo

Thinkpad adalah seri laptop andalan Lenovo. Seri ini pula yang selalu diuji memakai standar militer, sehinggal Lenovo ThinkPad X395 diklaim tahan terhadap kotoran, elevasi dan gravitas, serta tumpahan/ percikan air.

Urusan jeroan, laptop ini mendapat dukungan dari AMD Ryzen 7 Pro 3700U. Kode “U” pada prosesor ini menunjuk pada kata “ulitity,” yang artinya laptop yang memakai jasanya akan mampu bekerja multitasking. Maka tak heran jika Thinkpad X395 akan sama asyiknya diajak berbisnis atau saat dipacu untuk mengerjakan grafis atau gaming.

Lihat Ketersediaan Produk dan Harga di sini.

4. Asus ROG Zephyrus G14

Foto: AMD Indonesia

Seri ROG dekat dengan layar 15” namun kini dengan kode G14, Asus ROG tampil dengan layar 14” dan tebal sekitar 17.9mm. Hasilnya, laptop hanya seberat 1.6kg saja tapi dengan performa mumpuni. 

Hal ini bisa terjadi berkat teknologi prosesor 7nm dari AMD. Juga didukung RAM DDR4 32GB di 3200Mhz dan penyimpanan data M.2 NVMe PCIe 1TB. Kartu grafisnya mengandalkan NVIDIA GeForce RTX 2060 6GB. GPU yang terpasang bisa berjalan di boost clock maksimum 1298MHz di TDP 65W.

Hal menarik lain adalah adanya fitur hardware untuk bernama AniMe Matrix. AniMe Matrix adalah kumpulan mini LED yang ada di body laptop, yang bisa dikonfigurasi untuk menghasilkan tampilan efek khusus, baik animasi maupun efek grafis lainnya. Ada 6.536 titik yang terpasang, sehingga menutup hampir separuh layar belakang dalam bentuk diagonal.

Lihat Ketersediaan Produk dan Harga di sini.

5. Huawei MateBook D14

Foto: AMD Indonesia

Tidak hanya dikenal sebagai produsen smartphone, Huawei kini membesut laptop premium dan juga terjun ke pasar Indonesia. Melalui produk unggulannya, MateBook D14, Huawei membusungkan dada untuk menantang pemain lama di level menengah ke atas.

MateBook D14 dipasang prosesor AMD Ryzen 7-3700U mobile dan grafis Radeon RX Vega 10 Graphics. Juga didukungan RAM DDR4 sebesar 8GB, serta media penyimpanan 512GB yang sudah menggunakan SSD guna meningkatkan produktivitas penggunanya. 

Dengan ukuran 322,5 x 214,8 x 15,9 mm dan berat 1,38 kg, MateBook D 14 merupakan salah satu laptop terkecil dan teringan di pasaran namun bisa diajak berkomputasi harian, bermain game mainstream, hingga editing foto maupun video ringan. Satu yang unik dari laptop ini adalah letak kameranya di area keyboard, yang disebut recessed camera.

Lihat Ketersediaan Produk dan Harga di sini.

Pandemi covid-19 membawa kita pada kenormalan baru (new era). Salah satunya adalah banyak kegiatan dilakukan di rumah yang menjadikan laptop sebagai “senjata baru” di rumah. Tentu laptop yang ideal adalah laptop yang bisa diajak untuk apa saja, ya kerja harian, editing bisa, kerja grafis juga ok, ketika mau refreshing juga gak masalah diajak untuk gaming.

Jadi, dari jajaran laptop yang didukung AMD ini, mana yang cocok untuk ngedate sama kamu?

Facebooktwitterpinterestmailby feather
Agung Setiawan
Otak-atik, membaca, menulis dan membagikan seputar teknologi.
https://www.onetech.id

Leave a Reply

Top