You are here
Home > Highlighted > AMD EPYC 7003 Series Bakal Menyokong Kinerja NSCC, Supercomputer Terkencang di Singapura

AMD EPYC 7003 Series Bakal Menyokong Kinerja NSCC, Supercomputer Terkencang di Singapura

Facebooktwitterrssyoutubeby feather

AMD mengumumkan bahwa produknya, prosesor AMD EPYC 7003 Series bakal dipakai penuh National Supercomputing Centre (NSCC) Singapura pada tahun 2022. Sistem komputer yang digunakan adalah HPE Cray EX supercomputer yang menggunakan perpaduan prosesor EPYC 7763 dan prosesor EPYC 75F3.

“Prosesor AMD EPYC adalah pilihan utama untuk penelitian HPC yang berdampak pada dunia, dan itulah mengapa Prosesor AMD EPYC dipilih untuk mendukung supercomputer paling bertenaga di Singapura,” jelas Ram Peddibhotla, Corporate Vice President, AMD EPYC Product Management seperti press release yang ONEtech.id terima.

Ram mengakui bahwa pihaknya sangat senang bekerja dengan Hewlett Packard Enterprise dan NSCC untuk membantu membuka penemuan ilmiah di bidang kedokteran, penyakit, iklim, teknik, dan lainnya.

NSCC Singapura yang didirikan pada tahun 2015 mendukung kebutuhan penelitian menggunakan komputasi dengan performa tinggi (High Performance Computing-HPC) di sektor publik maupun swasta, termasuk lembaga penelitian, lembaga pendidikan tinggi (IHL), lembaga pemerintah, dan perusahaan.

Pemangku kepentingan NSCC saat ini meliputi: Agency fot Science, Technology and Research; Nanyang Technological University Singapore; National University of Singapore; Singapore University of Technology and Design; Meteorological Service Singapore; dan The Technology Centre for Offshore and Marine, Singapore (TCOMS).

Baca Juga: AMD EPYC 7003 Series Hadir Sebagai Prosesor Server Terkencang

NCSS begitu strategis perannya di Singapura. Kinerjanya juga menentukan arah masa depan Singapura dalam kaitannya mempertahankan daya saing di kancah global. Itulah mengapa, pemilihan prosesor server EPYC 7003 Series menjadi bisa dimengerti, karena AMD sendiri mengklaim produk ini merupakan prosesor server paling kencang di dunia.

AMD EPYC Generasi Ketiga ini memberikan performa terbaik dari semua CPU server dengan instruksi 19% lebih banyak per clock. Dengan menggunakan arsitektur Zen 3, prosesor ini juga memperkenalkan level baru memori cache per-core dengan tetap melanjutkan dukungan konektivitas PCIe 4 dan memori bandwidth terdepan di kelasnya. Disertakan pula fitur keamanan modern melalui AMD Infinity Guard dan fitur baru yang disebut Secure Encrypted Virtualization-Secure Nested Paging (SEV-SNP).

SEV-SNP memperluas fitur SEV yang ada pada prosesor AMD EPYC, menambahkan kemampuan perlindungan integritas memori yang kuat untuk membantu mencegah serangan berbahaya berbasis hypervisor dengan menciptakan lingkungan eksekusi yang terisolasi. Saat nanti beropersi penuh, prosesor AMD ini diharapkan memiliki performa puncak 10 petaFLOPS, 8x lebih cepat dari kumpulan sumber daya HPC NSCC yang ada.  

Gabungan seluruh fitur dan kapabilitas ini membantu mendorong waktu yang lebih cepat menuju hasil dan meningkatkan hasil bisnis bagi pelanggan HPC, cloud, dan perusahaan.  

Foto: Community Arm

Facebooktwitterpinterestmailby feather
Agung Setiawan
Otak-atik, membaca, menulis dan membagikan seputar teknologi.
https://www.onetech.id

Leave a Reply

Top