You are here
Home > Gadgets > Dynabook Indikasikan Pasar Laptop di Indonesia Menggiurkan dan Cocok untuk WFH

Dynabook Indikasikan Pasar Laptop di Indonesia Menggiurkan dan Cocok untuk WFH

Facebooktwitterrssyoutubeby feather

Produsen laptop Toshiba yang telah berganti baju menjadi Dynabook kembali masuk Indonesia. Setelah memutuskan berhenti produksi dan kembali tahun lalu, di 2020 ini Dynabook berencana hadir melalui Satellite Pro L40-G.

Senjata andalan penerus Portégé X30 dan Tecra X40 ini terletak di jeroannya. Ada CPU Intel generasi 10 dan kartu grafis NVIDIA GeForce MX250. Paduan keduanya, ditambah kapasitas memori sebesar 2GB GDDR5, memampukan pengguna melakukan aktivitas multitasking yang berat. Entah buat editing foto, video, serta kebutuhan video conference calls

“Semua perangkat kami dirancang dengan menyesuaikan perubahan konsumen dalam bekerja dan Satellite Pro L40-G adalah perangkat yang dapat memenuhi semua kebutuhan para pekerja untuk tetap produktif sepanjang hari,” kata Wong Wai Meng, General Manager, Product Strategy for Mobile Computing Solutions, Devices & IoT, Dynabook Singapura dalam rilisnya.

Tampilan fitur Laptop Dynabook Satellite Pro L40-G yang ada di website Dynabook Asia.
Bisa saja berbeda dengan versi yang masuk ke Indonesia nanti.

Satellite Pro L40-G dirancang dengan performa, ketahanan, dan lifestyle terkini, baik untuk pengguna konsumen maupun pelaku bisnis dengan mobilitas tinggi. Untuk itu, Dynabook menyematkan beberapa sentuhan teknologi terkini. Misalnya seperti layar monitor 14 inchi yang anti silau. Bentuknya tipis karena hanya 18.9mm dan berat 1.49kg saja. Pengisian daya pun cepat, yang jika dipakai normal bisa bertahan sampai 9 jam.

Untuk konektifitas, Satellite Pro L40-G telah dilengkapi port USB Type-C dan USB Type-A yang dapat digunakan untuk mengisi daya, transfer data, dan menghubungkan perangkat lainnya. Tersedia juga opsi Wi-Fi 6, port Gigabit LAN yang dapat memudahkan pengguna untuk terhubung ke internet.

Opsi lain yang mendukung #WorkFromHome pasca pandemic covid-19 ini adalah fitur webcam High Definition dan fitur shutter slider untuk keperluan video conference calls. Tidak hanya kepuasaan dalam meeting atau seminar online tetapi didukung perangkat yang aman. Apalagi sudah ada “SecurePad” untuk autentifikasi sidik jari guna memastikan data bisnis kita tetap aman. 

Baca Juga: Memilih Mouse: Canggih Itu Udah Pasti, Tapi Yang Penting Bongsor

Pasar Laptop Indonesia

Hadirnya kembali Dynabook ke Tanah Air secara implisit ingin mengatakan, walau sesak pasar laptop di Indonesia masih menggiurkan. Hal ini didukung oleh data Januari 2020 dari We Are Social dan Hootsuite.

Dasar survei ini adalah total jumlah penduduk Indonesia 272,2 juta orang dengan tingkat urbanisasi 55%. Dari jumlah tersebut, populasi penduduk kita yang berumur produktif, yakni 16 tahun – 64 tahun, sangat dominan yakni 66% atau sekitar 179,7 juta.

Survei juga menunjukkan jumlah penduduk kita yang punya komputer laptop dan dekstop untuk beraktifitas entah itu bekerja atau mencari informasi dari internet mencapai 66%. Jumlah ini kalah dari penduduk yang mempunyai smartphone sebesar 94% tetapi unggul dari pemilik tablet (23%) dan smart TV (5,7%).

Tampilan fitur Laptop Dynabook Satellite Pro L40-G yang ada di website Dynabook Asia.
Bisa saja berbeda dengan versi yang masuk ke Indonesia nanti.

Lalu kita lihat, perangkat ini digunakan untuk apa. Orang Indonesia dalam sehari bisa menghabiskan waktu nyaris 8 jam berselancar di internet dengan berbagai devices. Di bawahnya ada penggunaan sosial media sebanyak 3,26 jam; lalu menonton televisi 3,04 jam; mendengarkan music 1,30 jam dan bermain game konsol 1,23 jam.

Data ini mempengaruhi traffic web di mana posisi komputer laptop dan desktop di peringkat dua dengan 44,9% atau hanya kalah tipis dari mobile phones 54,6% tetapi menang telak dari tablet 0,5%.

Apa yang disampaikan dari survei di atas menunjukkan pasar perangkat komputer masih sangat menarik, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Mungkin hal inilah yang dicium oleh Dynabook untuk kembali menjajal masuk ke Indonesia. Tentu mereka sadar bahwa persaingan tidak mudah, maka berbagai teknologi dan fitur kekinian disematkan pada Satellite Pro L40-G.

Kita lihat beberapa waktu ke depan, apakah Satellite Pro L40-G mampu memberikan angin segar bagi produk-produk Dynabook selanjutnya. Faktor lain yang juga menentukan adalah soal harga. Menurut, Erin Le Marketing & Communications Dynabook Singapore Pte Ltd, harga Satellite Pro L40-G dibandrol mulai Rp10,527,000 (inclusive of VAT) untuk model yang menggunakan Intel i3.

Facebooktwitterpinterestmailby feather
Agung Setiawan
Otak-atik, membaca, menulis dan membagikan seputar teknologi.
https://www.onetech.id

Leave a Reply

Top