You are here
Home > Gadgets > Dynabook Portege X30W-J Seharga 30an Juta, Emang Bisa Apa Aja?

Dynabook Portege X30W-J Seharga 30an Juta, Emang Bisa Apa Aja?

Facebooktwitterrssyoutubeby feather

Teknologi laptop terus berkembang. Tidak hanya mengandalkan kecanggihan, tetapi juga mulai memperhatikan fleksibilitas. Kiranya itulah yang dipikirkan Dynabook untuk produk terbarunya, Portege X30W-J.

Dari sisi kecanggihan otak, Portege X30W-J dibenamkan Prosesor Intel® Core™ terbaru yakni Generasi ke-11. Juga tersedia dalam konfigurasi menggunakan teknologi grafis baru Intel® Iris® Xe, untuk memberikan yang terbaik di kelasnya dalam hal kinerja, berbagai level grafis, daya respon, dan ketahanan baterai.

Laptop ini juga telah mengantongi sertifikat Intel® Evo™. Sebagai catatan, Intel EVO adalah sebuah proses verifikasi sistem laptop yang mengacu pada pengalaman penggunaan konsumen (KEI). Untuk dapat lisensi ini, OEM harus memenuhi persyaratan, seperti daya tanggap baterai yang konsisten, kemampuan untuk dapat “bangun” dari mode Sleep dalam waktu hanya satu detik, daya baterai minimal 9 jam di layar resolusi Full HD, serta kemampuan pengisian daya cepat selama 4 jam untuk penggunaan 30 menit.

“Peluncuran spesifikasi baru platform Evo ™ dari Intel merupakan tonggak penting bagi industri dalam memenuhi kebutuhan para profesional saat ini, sekaligus mewujudkan komitmen kami dalam hal evolusi inovasi perangkat,” kata Wong Wai Meng, General Manager, Product Strategy for Mobile Computing Solutions, Devices & IoT, Dynabook Singapore Pte. Ltd., melalui keterangan tertulis yang diterima ONEtech.id.

Baca Juga: Dynabook Portégé X30L-G: Laptop Paling Ringan Dengan Jeroan Nendang Dari Intel Generasi 10

Dengan perangkat canggih ini, mungkin kita bisa memahami kalau unit agak berat saat ditenteng. Tidak salah, Sih! Tapi nyatanya, laptop 13 inci ini hanya punya berat 989 gram saja. Tidak sampai 1 kg. Artinya, Dynabook Portege X30W-J menyandang predikat sebagai laptop konvertibel 13 inci berprosesor Intel 11 yang paling ringan di dunia.

Kok ada embel-embel konvertibel? Ya, karena laptop bisa ditekuk sampai 5 mode. Bisa menjadi laptop seperti biasa, tablet, presentasi, audience, dan tabletop saat kita ingin menggambar di atas unit. Semuanya mudah difungsikan berkat engsel aksi ganda yang stabil dan kuat.

Fitur konvertibel ini disokong oleh layar berkemampuan sentuh 10 titik responsif. Sehingga saat kita menggunakan TruPen Dynabook berteknologi Wacom Feel IT, maka akan menawarkan pengalaman tulisan tangan digital yang bagus. Tentu kita bisa berkreasi yang lain secara bebas dengan TruPen.

Fleksibilitas Portege X30W-J memungkinkan kita menuliskan ide-ide spontan yang muncul. Saat kita menggunakan pena, keyboard secara otomatis nonaktif untuk menghindari kesalahan pemencetan tombol yang tidak disengaja.

“Portégé X30W-J adalah contoh yang bagus dari filosofi bersama kami dengan Intel dalam menyediakan segala yang dibutuhkan para profesional untuk produktivitas, kreativitas, dan kolaborasi tanpa gangguan,” papar Wai Meng.

Unit Portege X30W-J menyediakan pilihan i5 dan i7 varian 28W yang memiliki performa tinggi. Perangkat ini juga dilengkapi memori LPDDR4x saluran ganda hingga 32GB yang bekerja pada 4266MHz, dan penyimpanan PCIe SSD super cepat hingga 1TB.

Baterainya diklaim mampu digunakan sampai 16 jam dengan kemampuannya mengisi tenaga dengan cepat. Mencapai kapasitas 40% hanya dalam 30 menit. Sedangkan fungsi Instant On pada perangkat juga memungkinkannya untuk menyala dalam waktu kurang dari satu detik melalui aktivasi biometrik wajah dan sidik jari.

Untuk koneksi nirkabel yang cepat dan andal, perangkat ini dilengkapi dengan modul Intel® 802.11ax (WiFi 6) + BT 5.1 terbaru. Ia juga dilengkapi dua port USB-C Thunderbolt 4 terkini yang memungkinkan pengisian daya dengan cepat, koneksi ke periferal, dan transfer data dengan kecepatan tinggi. Laptop juga menyediakan HDMI ukuran penuh, port USB 3.1 Tipe-A, ditambah jack audio 3.5mm. Sementara slot kartu microSD menyediakan penyimpanan tambahan opsional.

Spesifikasi Dynabook Portege X30W-J juga dipaparkan di website reminya. Dikatakan, perangkat ini juga dilengkapi berbagai kemampuan pendukung untuk melakukan konferensi video yang meningkat pesat dalam beberapa bulan terakhir selama pandemi. Walau body kecil dan ringan, namun berkat Harmon Kardon yang digerakkan oleh Dolby Atmos Sound menghasilkan suara berkualitas tinggi, serta mikrofon ganda peredam bising. Webcam utama dan webcam 8MP yang menghadap ke luar dengan lapisan anti-silau juga bakal memberikan pengalaman audio/ video yang sangat membantu saat rapat virtual.

Bagaimana cara Dynabook melindungi produknya yang sudah canggih ini? Untuk ketahanan layar, ada Corning Gorilla Glass yang dipercaya untuk memberikan perlindungan. Soal ketangguhan body ada sasis magnesium alloy 17,9 mm yang sudah menjalani sejumlah tes MIL STD 810G. Perangkat ini juga dilengkapi sistem pendingin Airflow terbaru dari Dynabook serta kaki karet yang dirancang untuk pendinginan dan stabilitas lebih baik. Dynabook juga melakukan Highly Accelerated Life Test (HALT) dan uji tekanan lainnya di seluruh sasis, engsel, keyboard, dan port laptop ini untuk menghadirkan perpaduan sempurna antara kekuatan dan kelenturan dalam desainnya yang ringan.

Keamanan data juga mendapat perhatian khusus. Unit diklaim memenuhi persyaratan PC Microsoft Secured-core dengan serangkaian perlindungan keamanan tingkat bisnis yang andal. Perangkat ini menggabungkan BIOS milik Dynabook, enkripsi, serta otentikasi wajah dan sidik jari untuk memastikan data terlindung dari penjahat dunia maya yang semakin canggih. Rana webcam dan slot Lock keamanan juga diatur agar memberikan privasi lebih.

Bagaimana dengan ketersediaan dan harga Portege X30W-J? Info yang didapat, unit ini akan tersedia di Asia mulai Desember 2020. Untuk harganya dimulai dari Rp. 32.999.000.

Menurut kalian, mahal gak? Laptop ini memang membidik kalangan tertentu, yakni kalangan pebisnis. Itulah mengapa, produk dibuat sedemikian rupa sehingga tidak hanya canggih, tetapi juga tahan banting, fleksibel, tampilannya mewah, dan punya sistem keamanan data yang berlapis.

Facebooktwitterpinterestmailby feather
Agung Setiawan
Otak-atik, membaca, menulis dan membagikan seputar teknologi.
https://www.onetech.id

Leave a Reply

Top