You are here
Home > Highlighted > Inilah Keunggulan dan Testimoni AMD Instinct MI100

Inilah Keunggulan dan Testimoni AMD Instinct MI100

Facebooktwitterrssyoutubeby feather

AMD Instinct MI100 baru diklaim menjadi GPU HPC terkencang di dunia. Dan GPU server x86 pertama yang melampaui hambatan performa 10 teraflop (FP64).

Dikombinasikan dengan CPU AMD EPYC dan platform software terbuka ROCm 4.0, MI100 dirancang untuk mendorong penemuan baru menjelang era exascale. Apalagi disokong platform komputasi akselerasi baru dari Dell, Gigabyte, HPE, dan Supermicro.

“Saat ini AMD mengambil langkah depan yang besar dalam perjalanan menuju komputasi exascale saat kami mengungkap AMD Instinct MI100 – GPU HPC terkencang di dunia,” kata Brad McCredie, Corporate Vice President, Data Center GPU and Accelerated Processing, AMD pada rilis yang diterima Selasa, 17 November 2020.

Akselerator terbaru ini bila dikombinasikan dengan platform software terbuka AMD ROCm akan memberikan daya yang unggul bagi para ilmuwan dan peneliti untuk pekerjaan mereka di HPC. MI100 menawarkan performa puncak FP64 hingga 11,5 TFLOPS untuk HPC dan hingga 46,1 TFLOPS performa Matriks FP32 puncak untuk beban kerja AI dan machine learning.

Dengan teknologi AMD Matrix Core baru, MI100 juga memberikan peningkatan hampir 7x dalam performa titik mengambang puncak teoritis FP16, untuk beban kerja pelatihan AI dibandingkan dengan akselerator generasi sebelumnya dari AMD.

Pengembang software AMD ROCm menyediakan dasar untuk komputasi exascale. Sebagai sebuah perangkat open source yang terdiri dari compilers, programming APIs dan libraries, ROCm digunakan oleh pengembang software exascale untuk membuat aplikasi performa tinggi.

Baca Juga: AMD Akuisisi Saingannya Xilinx, Bagaimana Nasib Intel?

ROCm 4.0 telah ditingkatkan untuk memberikan performa pada sistem berbasis MI100. ROCm 4.0 mengupgrade compiler menjadi open source dan menyatu untuk mendukung OpenMP® 5.0 dan HIP.

“Kami telah menerima akses awal ke akselerator MI100, dan hasil awalnya sangat menggembirakan. Kami biasanya melihat peningkatan performa yang signifikan, hingga 2-3x dibandingkan dengan GPU lainnya,” kata Bronson Messer, Director of Science, Oak Ridge Leadership Computing Facility.

Kemampuan dan fitur utama akselerator AMD Instinct MI100 meliputi All-New AMD CDNA Architecture dan Leading FP64 and FP32 Performance for HPC Workloads. Lalu fitur All-New Matrix Core Technology for HPC and AI dan 2nd Gen AMD Infinity Fabric™ Technology. Kemudian ada Ultra-Fast HBM2 Memory serta Support for Industry’s Latest PCIe® Gen 4.0.

Berbagai fitur dan kemampuannya ini membuat dirinya diterima pasar. “Server Dell EMC PowerEdge akan mendukung AMD Instinct MI100 baru, yang akan memungkinkan wawasan yang lebih cepat dari data. Ini akan membantu pelanggan kami mencapai hasil HPC dan AI yang lebih kuat dan efisien dengan cepat,” kata Ravi Pendekanti, Senior Vice President, PowerEdge Servers, Dell Technologies.

Bagi Dell, AMD telah menjadi mitra berharga dalam memajukan inovasi di data center. Kemampuan performa tinggi akselerator AMD Instinct sangat cocok untuk portofolio AI & HPC server PowerEdge Dell.

Hal senada diungkap oleh Gigabyte. Menurut Alan Chen, Assistant Vice President di NCBU, GIGABYTE, akselerator AMD Instinct MI100 mewakili tingkat komputasi performa tinggi pada tingkatan berikutnya di data center dan menghadirkan konektivitas. Serta bandwidth data yang lebih besar untuk penelitian energi, dinamika molekuler, dan pelatihan pembelajaran mendalam.

“Sebagai akselerator baru dalam portofolio GIGABYTE, pelanggan kami dapat memperoleh manfaat dari peningkatan performa di berbagai beban kerja ilmiah dan industri HPC,” kata Chen.

Tidak jauh berbeda, perwakilan dari Hewlett Packard Enterprise (HPE) dan Supermicro sepakat bahwa AMD membuat dampak besar dalam komputasi performa tinggi dengan akselerator GPU AMD Instinct MI100. “AMD Instinct MI100 baru, yang memungkinkan konektivitas dan pemrosesan data yang lebih baik, di samping prosesor AMD EPYC ™ Generasi Kedua,” tutur Bill Mannel, Vice President and General Manager, HPC di HPE.

“Kami senang bahwa AMD membuat dampak besar dalam komputasi performa tinggi dengan akselerator GPU AMD Instinct MI100,” tutup Vik Malyala, Senior Vice President, Field Application Engineering and Business Development, Supermicro.

Berikut adalah spesifikasi AMD Instinct MI100:

Compute UnitsStream ProcessorsFP64 TFLOPS (Peak)FP32 TFLOPS (Peak)FP32 Matrix TFLOPS (Peak)FP16/FP16 Matrix
TFLOPS (Peak)
INT4 | INT8 TOPS (Peak)bFloat16 TFLOPs (Peak)HBM2
ECC
Memory
Memory Bandwidth
1207680Up to 11.5Up to 23.1Up to 46.1Up to 184.6Up to 184.6Up to 92.3 TFLOPS32GBUp to 1.23 TB/s
Facebooktwitterpinterestmailby feather
Agung Setiawan
Otak-atik, membaca, menulis dan membagikan seputar teknologi.
https://www.onetech.id

Leave a Reply

Top