You are here
Home > Games > Inilah Pemenang IEL University Super Series Season 3, Juara Baru dengan Peserta Terbanyak

Inilah Pemenang IEL University Super Series Season 3, Juara Baru dengan Peserta Terbanyak

Facebooktwitterrssyoutubeby feather

Kompetisi Indonesia Esports League (IEL) University Super Series Season 3 sudah selesai. Pertandingan akhir pada 29-30 Mei 2021 telah menetapkan 2 juara, masing-masing untuk gim Dota 2 dan PUBG Mobile.

Pada pertandingan yang digelar secara daring tersebut, Tim Universitas Diponegoro Semarang Jawa Tengah berhasil mengalahkan Tim Universitas Surabaya Jawa Timur di sektor Gim Dota 2. Sedangkan Tim Universitas Surabaya harus mengakui keunggulan Tim Telkom University Bandung Jawa Barat pada pertandingan PUBG Mobile.

Baca Juga: Walau Pandemi Dan Pendapatan Turun, IEL University 2021 Berjalan

“Kami berharap kemenangan para tim di ajang kompetisi Indonesia Esports League University Super Series Season 3 dapat memunculkan bibit-bibit unggul yang berprestasi, juga sebagai sebuah kontribusi kami dalam bidang esports di Indonesia,”kata Harry Kartono, Chief Operational Officer MIX 360 ESPORTS dalam keterangan tertulis yang ONEtech.id terima, Senin, 31 Juli 2021.

Sebagai salah satu penyelenggara, IESPA mendukung penuh kompetisi ini karena dapat memupuk jiwa sportivitas. “Ajang esports seperti ini perlu digelar secara konsisten sehingga dapat mendukung para pecinta esports di samping memupuk jiwa sportif dan kompetitif secara positif,” ujar Eddy Lim, Ketua Umum IESPA.

Di babak pamungkas, ada 4 universitas. Di sektor gim Dota 2 ada Universitas Diponegoro, Binus University, Universitas Surabaya dan Universitas Gadjah Mada. Adapun tim dari 16 kampus yang berkompetisi dalam gim PUBG Mobile di babak Grand Final adalah Universitas Gunadarma, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Kristen Duta Wacana, Institut Pertanian Bogor.

Baca Juga: AMD Perluas Pengalaman Ngegame Melalui Radeon Software Adrenalin Terbaru

Lalu ada Universitas Tanjungpura, Universitas Andalas, Telkom University, Universitas Surabaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Bunda Mulia, Universitas Ciputra, Universitas Pendidikan Indonesia, UPN Veteran Jatim, STMIK Pontianak.

Semua peserta yang berjumlah 32 tim telah melewati babak penyisihan sebagai penentuan perwakilan dari masing-masing kampus yang telah berlangsung pada bulan Oktober hingga Desember 2020. Setelah itu, penyisihan tim kampus dalam babak Group Stage dan Playoff pada Januari 2021.

Jika menilik 3 tahun ke belakang, para pemenang selalu berbeda. Begitu pula dengan jumlah peserta yang terus bertambah. Hal ini menunjukkan kompetisi esports semakin tersebar merata, begitu pula dengan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing kampus.

Baca Juga: Gamers, Kini Main Game Bisa Di Mana Saja Dengan G333 Gaming Earphones

Tahun 2020 lalu, ada 2 gim yang dipertandingankan. Gim Free Fire dimenangkan oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ), sementara Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil mengangkat trofi juara IEL University Super Series 2020 Dota2.

Dalam penyelenggaran kedua tersebut, babak kualifikasi digelar di 5 kota besar di Indonesia, yakni Semarang, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya dan Bandung. Dari 24 tim, terpilihkan 11 tim yang lolos ke IEL University Super Series 2020.

Hal berbeda saat Indonesia Esports League (IEL) University Series 2019 atau kali pertama kompetisi digelar. Dengan tetap mempertandingkan 2 gim, tetapi semua pemenang direngkuh oleh Binus University (Binus), baik untuk sektor Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) maupun Dota 2. Binus menyapu bersih kompetisi esports yang saat itu baru diikuti 12 Universitas terpilih di Indonesia.

Facebooktwitterpinterestmailby feather
Agung Setiawan
Otak-atik, membaca, menulis dan membagikan seputar teknologi.
https://www.onetech.id

Leave a Reply

Top