You are here
Home > Highlighted > Intel Gigit Balik AMD dengan Tiger Lake bersama Beberapa Laptop OEM

Intel Gigit Balik AMD dengan Tiger Lake bersama Beberapa Laptop OEM

Facebooktwitterrssyoutubeby feather

Persaingan AMD dan Intel semakin seru. Dua produsen semikonduktor itu saling adu klaim terbaik untuk produk terbarunya. Intel kini mencoba menggigit balik AMD melalui Inter Core Tiger Lake.

Sebelumnya, CEO AMD Lisa Su mengklaim bahwa teknologinya telah berada di atas Intel. Bahkan untuk semakin memperkuat senjata dalam perang teknologi menghadapi Intel dan Nvidia, AMD telah mengambil keputusan strategis dengan mengakuisisi Xilinx senilai USD35 miliar.  

Seakan tak mau kalah, Intel balik menyerang dengan Intel Core Generasi ke-11. Prosesor terbaru dengan sebutan Tiger Lake itu diklaim paling moncer karena bisa diajak produktif, ngegame, berbagai kerja kreatif sampai akses internet yang mampu menjangkau 5G. CPU Tiger Lake juga hadir dengan grafis Xe terintegrasi baru dari Intel yang menawarkan 96 CU dan kecepatan clock hingga 1,35GHz. Prosesor ini juga akan mendukung Thunderbolt 4 bersama dengan WiFi 6 dan juga daya tahan baterai yang lebih baik.

Baca Juga: AMD Luncurkan AMD Ryzen 5000 & AMD Radeon RX 6000 Series Secara VR

Terbaru, Intel mengklaim kinerja Tiger Lake lebih tinggi dibanding Ryzen 4000 di laptop. Hal tersebut dikatakan oleh Director of Technical Marketing Intel, Wilson Lee 20 November 2020 pada laman Kompas.com. Dengan catatan, saat kedua laptop beda prosesor ini dalam keadaan menggunakan baterai dan tidak terhubung ke colokan listrik. Untuk membuktikan penurunan performa berdasarkan baterai ini, Intel menguji lima laptop “berotak” Intel Core Tiger Lake, serta lima laptop lainnya yang ditenagai dengan CPU AMD Ryzen 4000 series.

Langkah Intel semakin maju dengan membenamkan prosesor andalannya pada seri laptop terbaru dari berbagai merek atau OEM (Original Equipment Manufacturer atau Produsen Peralatan Asli).

Merek seperti Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo, dan MSI menyatakan sudah menyiapkan produk laptop terbaru dengan prosesor tersebut untuk segera dirilis di Indonesia. Prosesor kategori mobile ini dikenal dengan sebutan kode “Tiger Lake” bersama dengan logo baru akan melekat di laptop.

Tiger Lake yang menggunakan CPU dan GPU fabrikasi 10nm++ sudah masuk ke Indonesia di dalam merk laptop Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo, dan MSI. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah seri laptopnya. Acer ada Aspire 5 Slim; Swift 3x; Swift 3 Infinity 2 (Intel EVO); Swift 3 Air 3 (Intel EVO); Swift 5 (Intel EVO).

Baca Juga: AMD Akuisisi Saingannya Xilinx, Bagaimana Nasib Intel?

Asus: ZenBook 14 UX425; ZenBook 13 UX325; VivoBook 14 K413.

Dell: XPS 13 (Intel EVO); Inspiron 7400; Inspiron 5402; Inspiron 5406; Inspiron 5301; Inspiron 5502.

HP: Pavilion Laptop 14; Pavilion x360; Convertible 14; Envy 13; Spectre x360; Convertible 13 & 14 (Intel EVO).

Lenovo: Slim 5i; Flex 5i; Yoga 7i (Intel EVO); Yoga Slim 7i (Intel EVO); Yoga 9i (Intel EVO); Yoga Slim 9i (Intel EVO); Yoga Slim 7i Carbon (Intel EVO).

MSI: Summit E15; Summit E14; Prestige 15; Prestige 14; Modern 15; Modern 14.

Di kategori laptop tipis Intel memperkenalkan lisensi bernama Intel Evo yaitu di laptop yang masuk dalam Project Athena. Selain Tiger Lake, laptop dengan lisensi ini akan ditenagai oleh GPU integrated terbaru, Intel Xe

Sebagai catatan, Intel EVO adalah sebuah proses verifikasi sistem laptop yang mengacu pada pengalaman penggunaan konsumen (KEI). Untuk dapat lisensi ini, OEM harus memenuhi persyaratan, seperti daya tanggap baterai yang konsisten, kemampuan untuk dapat “bangun” dari mode Sleep dalam waktu hanya satu detik, daya baterai minimal 9 jam di layar resolusi Full HD, serta kemampuan pengisian daya cepat selama 4 jam untuk penggunaan 30 menit.

“Dengan kerja sama para OEM, kami bangga meluncurkan berbagai varian laptop yang didukung oleh prosesor Intel Core generasi ke-11 dengan grafis Intel Iris Xe,” ungkap Managing Director APAC & Japan Intel, Santhosh Viswanathan kepada Medcom.id.

Laptop dengan Iris Xe akan bekerja jauh lebih bertenaga. Bahkan, Intel berani mengatakan bahwa produknya ini memiliki performa lebih tinggi dari GPU diskrit NVIDIA MX350.

Semakin penasaran dengan seberapa hebatnya gigitan Tiger Lake?

Facebooktwitterpinterestmailby feather
Agung Setiawan
Otak-atik, membaca, menulis dan membagikan seputar teknologi.
https://www.onetech.id

Leave a Reply

Top