You are here
Home > Highlighted > Konferensi Video Lebih Mudah dengan Logitech Swytch

Konferensi Video Lebih Mudah dengan Logitech Swytch

Facebooktwitterrssyoutubeby feather

Kebutuhan akan konferensi video naik signifikan selama pandemi Covid-19 berlangsung. Setelah pandemi pun, ada kecenderungan orang bertahan untuk bekerja di rumah dengan memanfaatkan konferensi video. Oleh karena itu, alat pendukung seperti Logitech Swytch diperlukan.

Laporan terbaru Digital 2020 July Global Statshot yang dikeluaran We Are Social dan Hootsuite, menunjukkan ada banyak orang memanfaatkan platform konferensi video. Lima platform teratas yang dipakai saat ini adalah Zoom, Google Meet, Microsoft Teams, Skype dan Cisco Webex.

Saat ini saja, setidaknya dalam 1 hari di seluruh dunia ada 300 juta orang sedang berkonferensi video menggunakan Zoom dan 100 juta orang menggunakan Google Meet. Kemudian ada 75 orang memakai Microsoft Teams serta sekitar 40 juta orang memanfaatkan Skype. Sedangkan mereka yang memilih Cisco Webex ada 500 juta orang dalam 1 bulan.

Sumber: https://datareportal.com/

Berdasarkan pengalaman harian yang ditambah dari hasil riset di atas, bisa kita kataka bahwa konferensi atau rapat secara online menggunakan panggilan video sudah menjadi hal umum. Mungkin inilah yang disebut dengan new normal di dalam aktifitas kita sehari-hari. Oleh karena itu, karena sudah menjadi hal normal mestinya konferensi video harus dibuat semudah saat kita menelpon.

“Agar rapat melalui video menjadi hal yang umum, bergabung dengan panggilan video dengan platform yang berbeda harus semudah melakukan panggilan telepon,” kata Scott Wharton, Vice President and General Manager dari Logitech Video Collaboration sebagaimana ditulis dalam press releasenya tertanggal 7 Agustus 2020.

Menurut Wharton, pihaknya meluncurkan produk baru bernama Logitech Swytich. Produk ini memungkinkan kita untuk bergabung dalam rapat dengan sistem konferensi video lain dari laptop kita tanpa ribet. Hanya dengan port USB 3.0 tipe A atau C yang universal, kita dapat mengalihkan kontrol kamera, perangkat audio, dan tampilan di ruang rapat ke laptop. Bergabung atau mengadakan rapat virtual di platform apa pun sekarang menjadi lebih mudah dengan Logitech Swytich.

Tidak diperlukan kabel atau pengadopsi tambahan. Cukup colokkan konektor USB Swytch ke laptop kita. Ruangan tetap rapi, aman, dan siap untuk melakukan rapat, baik secara internal maupun eksternal. Bahkan melakukan webinar. Setelah rapat selesai, cabut Swytch dari laptop untuk meninggalkan ruangan agar siap untuk video meeting berikutnya.

Baca Juga: Pandemi Atau Gak, Rapat Online Tetap Pakai Logitech BCC950

Kunci dari kemudahan ini adalah Swytch berhasil menggabungkan HDMI dan USB menjadi satu kabel untuk memproyeksikan layar kita dari laptop pada tampilan ruangan dengan resolusi hingga 4K, sekaligus dengan audio yang jernih dan tajam. Maka kita tak perlu lagi menggunakan dongle, splitter, atau adaptor HDMI.

Logitech Swytch yang menyediakan daya hingga 60W ini, terbubung dengan Logitech Sync sehingga bisa dimanfaatkan bersama perangkat ruang rapat lainnya, termasuk Logitech MeetUp, Rally, dan Tap.

Logitech Swytch akan tersedia untuk pembelian secara global mulai akhir bulan Agustus ini. Jika mengintip website Logitech, harga yang ditawarkan adalah USD 999. Kita tunggu saja kapan masuk ke Indonesia dan berapa harga yang ditawarkan.

Facebooktwitterpinterestmailby feather
Agung Setiawan
Otak-atik, membaca, menulis dan membagikan seputar teknologi.
https://www.onetech.id

Leave a Reply

Top