You are here
Home > Highlighted > Pandemi atau Gak, Rapat Online Tetap Pakai Logitech BCC950

Pandemi atau Gak, Rapat Online Tetap Pakai Logitech BCC950

Facebooktwitterrssyoutubeby feather

Pandemi Covid-19 masih juga belum mau berhenti. Adaptasi terus dilakukan oleh manusia, salah satunya dengan melakukan konferensi video online. Terbukti, selama pandemi aktivitas ini naik signifikan. Peluang bagi vendor pendukung seperti Logitech® ConferenceCam BCC950.

Hasil survei Juni 2020 yang dilakukan Populix, penggunaan aplikasi video conference naik 31.7%. Ada 32,6% responden mengaku tidak pernah melakukan video conference sebelum pandemi, tetapi ketika pandemi hanya 0,9% saja dari mereka yang tetap tidak punya pengalaman video conference secara online.

Mereka memiliki beberapa kepentingan saat menggunakan video conference. Paling banyak adalah urusan pekerjaan (73%). Lalu kemudian untuk kepentingan pribadi (61,9%), webinar (38,9%), belajar online (33,6%), dan keperluan lain (1,8%).

Sumber: Populix
Sumber: Populix

Ada banyak device bisa digunakan untuk video conference. Namun uniknya, mayoritas responden memilih menggunakan laptop, yakni 55%. Sisanya 43% memakai smartphone dan hanya 2% memanfaatkan tablet. 

Bicara soal laptop, di pasaran tidak banyak laptop yang menyediakan camera dengan daya tangkap jernih dan beresolusi HD. Bagi sebagian orang ini menjadi masalah. Belum lagi, jika video conference tersebut melibatkan 2-4 orang. Misalnya 4 orang tim marketing ingin memberikan laporan pekerjaan kepada atasan mereka. Jika mereka menggunakan kamera yang ada di laptop maka hasilnya tidak bagus.

Baca Juga: Podcast Video Lahir, Akankah Ada Cita-Cita Menjadi Podcaster?

Baca Juga: Zoom Jadi Bukti Kita Punya Kecerdasan AQ Selain IQ Dan EQ

Logitech BCC950

Logitech® ConferenceCam BCC950 menjadi solusi bagi kita yang ingin melakukan video conference dengan 1 sampai 4 orang. Bisa dilakukan di ruang rapat kantor atau juga bisa di ruang kerja pribadi kita.

BCC950 dilengkapi dengan sebuah motor penggerak yang memungkinkan kamera berputar 180 (panning) ke atas-bawah-kanan-kiri (tilt) dan punya luas pandangan 78 derajat. Bahkan mampu melakukan zoom in hingga 1.2x dalam resolusi tinggi atau 4x dalam SD untuk fokus pada objek kecil.

Dengan Full HD 1080p maka unit ini mampu memperlihatkan semua peserta rapat dengan baik di posisi mereka masing-masing. Di saat seseorang melakukan presentasi, maka BCC950 akan mudah dikendalikan oleh panel kendali yang berada di permukaan perangkat atau juga bisa memakai remote control untuk mengarahkan kamera pada obyek presentasi. Perlu memperbesar obyek? Tinggal pencet saja, presenter tak perlu mendekat pada kamera.

Unboxing paket penjualan Logitech BCC950 ConferenceCam

Ketika saya mencoba unit ini, memang tidak berlebihan kalau BCC950 dikatakan menghasilkan kualitas visual yang bagus. Tangkapan wajah atau obyek lain akan tampil dengan sempurna di depan layar laptop, baik saat kondisi cahaya ruangan rendah atau saat back light. Ternyata ini berkat teknologi Logitech RightLight™

Nah, saya juga mencoba untuk mendekatkan dan menjauhkan wajah saya pada kamera. Hasilnya, BCC950 mampu mengatur fokusnya secara otomatis. Kuncinya ada pada lensa Carl Zeiss® yang ditanamkan di dalam BCC950, sehingga memberikan pengalaman autofocus yang tak mengecewakan. 

Lanjut ke kualitas suara. Hal ini amat sangat penting kalau bicara konferensi, baik itu online maupun offline. Seperti dua sisi mata uang jika dibandingkan dengan kualitas gambar. Kenapa? Suara atau gambar yang tidak bagus akan merusak suasana dalam rapat/ konferensi bahkan akan ada banyak hal penting yang terlewatkan jika salah satu atau malah keduanya berkualitas rendah.

Logitech mengklaim, hal itu tak akan terjadi jika menggunakan BCC950 karena unit ini mampu merekam video berkualitas Full HD 1080p 30fps melalui teknologi video H.264 UVC plug-and-play, dan speakerphone yang memungkinkan orang untuk mendengar dan didengar sampai jarak 2,4 meter.

Logitech BCC950 ConferenceCam saat digunakan dengan memasang stick

Terkait dengan audio, BCC950 dilengkapi dengan teknologi noise canceling dan acoustic echo cancellation. Gunanya adalah untuk menghilangkan noise dan echo yang mengganggu saat konferensi atau rapat. Saat uji coba, suara teman saya terdengar dengan jelas saat kami terhubung oleh aplikasi Zoom. Saya juga mencoba memfungsikannya sebagai speaker saat memutar lagu, hasilnya benar-benar jernih. Ohya, jika butuh privasi, ada earphone jack 3.5mm.

Secara tampilan, BCC950 terbilang unik. Webcamnya berbentuk bulat yang memungkinkan berputar 180 derajat dan punya sudut pandang luas untuk menjangkau ruang rapat dengan 4 orang. Tampak cocok saat dipasang di speaker yang mengambil bentuk dasar lingkaran. Nah keunikan tampak saat webcam diberi leher. Ada semacam stem penghubung antara webcam dengan speaker, yang membuat posisi webcam sejajar dengan mata kita yang sedang duduk di meja rapat.

Desainer BCC950 ingin mengedepankan konsep see eye to eye. Konsep ini membantu kita menatap mata partner, rekan bisnis, atau atasan kita saat melakukan video conference sebagai upaya mempererat relasi. Selain itu, desain yang dibuat compact dan ringan, membuatnya sangat mudah dipindahkan dari satu ruang rapat ke ruang lainnya. Atau bahkan membawanya pulang untuk persiapan work from home pun tidak merepotkan saat dibawa.

Logitech BCC950 ConferenceCam saat digunakan tanpa stick

Kepraktisan dalam desain nyatanya juga sejalan dengan penggunaannya. 4 bagian besar unit ini saat hendak dirangkai, kabel power, speaker yang dihubungkan ke kabel power dan kabel lainnya terhubung ke device (laptop), lalu memasang stem di mana ujung yang satu ada di speaker dan ujung lain di webcam. Tinggal plug-and-play baik di Windows maupun Mac, langsung bisa mulai konferensinya, entah itu pakai Skype for Business, Zoom, BlueJeans, Broadsoft, Cisco Jabber™, Fuze, LifeSize Cloud, dan Vidyo. Tidak lebih dari 3 menit!

Saat dipakai, ada beberapa lampu indikator yang hidup. Di webcam ada lampu biru yang menyala saat unit sedang dipakai. Jika sedang menerima panggilan maka lampu biru berkedip. Tapi bisa saja tidak hidup di beberapa aplikasi. Warna merah di speaker jika audio dimatikan. Nah, jika berkedip merah berarti koneksi USB sedang dibuat antara ConferenceCam dan komputer.

Kemudahan lain ditawarkan dengan adanya remote control. Fiturnya sama dengan yang ada di panel kendali di speaker. Ada fungsi tilt, zoom, menjawab panggilan, mengakhiri panggilan, mengatur volume dan menonaktifkan mikrofon. Saat unit saya terima, kebetulan baterainya habis. Sempat kebingungannya karena setelah dibuka baterainya bulat seperti baterai jam. Tepatnya Lithium Cell 3V CR2032. Iseng keluar sebentar ke Indomaret, eh ternyata baterai itu ada. Gak perlu repot ke toko elektronik atau supermarket.

Ohya, ini kan saya nulis dalam konteks pandemi Covid-19 yang membawa konsekuensi pada pembatasan fisik. Bagaimana jika nanti pandemi berakhir? Untuk konteks kehidupan di Jakarta, rasanya penggunaan Logitech BCC950 masih sangat relevan. Daripada menembus kemacetan yang terkadang tak berujung, lebih baik rapat bersama klien atau partner dilakukan secara online dengan Logitech BCC950. Rapat akan berlangsung dengan lancar dan tampak alami.

Saat membeli kita akan mendapatkan di dalam dus, berupa Base BCC950 ConferenceCam dan kabel USB yang disertakan, stem perpanjangan webcam, kepala webcam, kabel daya dengan 6 jenis colokan, panduan quick start, dan remote control. Untuk garansi perangkat kerasnya sampai 2 tahun.

Facebooktwitterpinterestmailby feather
Agung Setiawan
Otak-atik, membaca, menulis dan membagikan seputar teknologi.
https://www.onetech.id

Leave a Reply

Top