You are here
Home > Editor Picks > Samsung Luncurkan Aplikasi Pencari HP Hilang, Sekalipun Sedang Offline

Samsung Luncurkan Aplikasi Pencari HP Hilang, Sekalipun Sedang Offline

Facebooktwitterrssyoutubeby feather

Kerap punya masalah kelupaan meletakkan smartphone? Tenang, Samsung Electronics Co. telah meluncurkan aplikasi yang memungkinkan menemukan gadget kita sekalipun dalam keadaan offline.

Yonhap memberitakan, aplikasi yang bernama SmartThings Find itu sudah tersedia di perangkat Samsung Galaxy secara global setelah layanan itu diuji oleh 6 juta pengguna di Korea Selatan, Amerika Serikat dan Inggris selama sekitar dua bulan.

Raksasa teknologi Korea Selatan itu akan memberikan pembaruan perangkat lunak baru untuk layanan tersebut pada smartphone dan tablet Galaxy yang menjalankan Android 8 atau lebih baru. Selain itu, aplikasi ini juga tersedia di jam tangan pintar Galaxy Watch yang didukung oleh Tizen 5.5 atau lebih tinggi, dan earbud nirkabel Galaxy Buds Plus serta Galaxy Buds Live.

Baca Juga: Logitech MK295 Silent Wireless Combo, Perangkat Anti Komplain

Kinerja SmartThings Find mendapat dukungan teknologi Bluetooth Low Energy (BLE) dan ultra-wideband (UWB) untuk membantu orang menemukan produk Galaxy mereka. “Setelah perangkat offline selama 30 menit, itu menghasilkan sinyal BLE yang dapat diterima oleh perangkat lain,” kata Samsung sebagaimana dilansir Yonhap.

Lebih lanjut, masih dari sumber yang sama, jika Anda melaporkan perangkat Anda hilang melalui SmartThings Find, semua smartphone atau tablet Galaxy terdekat yang telah memilih untuk membantu menemukan perangkat yang salah tempat (hilang) dapat memberi tahu server Samsung tentang lokasinya, yang pada gilirannya akan memberi tahu Anda.

Layanan ini juga menyediakan arah peta dan suara terintegrasi bagi pengguna untuk dengan cepat menemukan perangkat yang hilang. “Setelah Anda dekat dengan perangkat Anda, Anda dapat memilih untuk membuat perangkat Anda ‘berdering’ atau menemukannya menggunakan fungsi pencarian terdekat berbasis augmented reality, yang menampilkan grafik warna yang intensitasnya meningkat saat Anda semakin dekat dengan perangkat Anda,” Samsung kembali menjelaskan.

Samsung mengatakan pihaknya berencana untuk mulai memperluas solusi tersebut ke tag pelacakan di awal tahun depan, sehingga pengguna tidak hanya dapat menemukan perangkat Galaxy tetapi juga item lainnya.

“Kami sangat senang juga dapat bekerja sama dengan perusahaan terkemuka di bidang pencarian barang untuk memperluas pengalaman ini dan memungkinkan Anda menemukan lebih banyak barang yang paling Anda pedulikan,” kata Jung Jae-yeon, yang mengepalai Tim SmartThings di Bisnis komunikasi seluler Samsung.

Keterangan Foto:

This image provided by Samsung Electronics Co. on Oct. 30, 2020, shows the company’s SmartThings Find app, which allows users to locate their misplaced smart devices, running on Galaxy smartphones. (PHOTO NOT FOR SALE) (Yonhap)

Facebooktwitterpinterestmailby feather
Agung Setiawan
Otak-atik, membaca, menulis dan membagikan seputar teknologi.
https://www.onetech.id

Leave a Reply

Top