You are here
Home > Highlighted > Setelah 15 Tahun AMD Ungguli Intel di CPU Desktop

Setelah 15 Tahun AMD Ungguli Intel di CPU Desktop

Facebooktwitterrssyoutubeby feather

Untuk kali pertama dalam lima belas tahun, AMD berhasil melampaui Intel dalam hal pangsa pasar CPU desktop global. Hal tersebut diungkap dari hasil survei PassMark.

Hasil benchmarking PassMark Software, pemimpin dalam benchmark PC, terbaru untuk Q1 2021 menunjukkan AMD mengambil 50,8 persen pangsa pasar CPU desktop di seluruh dunia. Intel hanya mendapat porsi 49,2 persen.

Baca Juga: Intel Gigit Balik AMD Dengan Tiger Lake Bersama Beberapa Laptop OEM

Hasil ini menunjukkan bahwa Tim Merah kembali menjadi nomor satu setelah terakhir kali digenggam pada kuartal pertama 2006. Kala itu, perusahaan yang bermarkas di Santa Clara, California, AS itu unggul 53,9 persen, yang sayangya hanya bertahan dalam satu kuartal.

Namun hasil berbeda untuk segmen laptop dan server. Intel mencatat capaian mencolok dengan 83,8 persen untuk pasar laptop, sedangkan AMD 16,3 persen. Di sektor server, Intel masih begitu perkasa dengan 98,6 persen, berbanding 1,4 persen.

Dekstop Market Share. Sumber: PassMark Software

PassMark mencatat bahwa datanya terdiri dari ribuan hasil benchmark PerformanceTest. Perangkat lunaknya hanya berjalan pada OS Windows, maka hasil ini tidak mencerminkan pengguna non-Windows.

Dari hasil analisisnya, PassMark mengatakan bahwa perusahaan pimpinan Lisa Su mulai menunjukkan taringnya sejak peluncuran prosesor Ryzen pada tahun 2017. PassMark menyukai seri 7nm Ryzen 5000 yang menjadi salah satu senjata untuk menekan Intel.

Laptop Market Share. Sumber: PassMark Software

Bahkan, menurut Techspot.com, dikabarkan Intel semakin khawatir karena AMD di tahun 2021 ini akan meluncurkan produk yang punya fabrikasi 5nm dengan arsitektur Zen 4. Sedangkan prosesor tercanggih Intel dari keluarga Tiger Lake, masih dibuat dengan fabrikasi 10nm.

Besaran angka fabrikasi ini berperngaruh dalam jumlah transistor yang bisa ditampung, yang berpengaruh juga pada performa. Makin kecil angka fabrikasi, maka semakin banyak jumlah transistor yang bisa dijejalkan.

Server Market Share. Sumber: PassMark Software
Facebooktwitterpinterestmailby feather
Agung Setiawan
Otak-atik, membaca, menulis dan membagikan seputar teknologi.
https://www.onetech.id

Leave a Reply

Top