You are here
Home > Featured > Tips Fotografi: Motret Gerhana Matahari Bisa Merusak Sensor Kamera

Tips Fotografi: Motret Gerhana Matahari Bisa Merusak Sensor Kamera

Facebooktwitterrssyoutubeby feather

Berkat pemberitaan masif gerhana matahari di Indonesia, kita asumsikan banyak orang sudah tahu tidak boleh melihat matahari secara langsung. Dari sudut fotografi, kita perlu menggunakan filter, misalnya menggunakan kacamata anti ultra violet. Namun, apakah sudah banyak yang tahu kalau kamera juga perlu filter saat mengabadikan momen langka itu?

Sinar ultra violet matahari, termasuk saat gerhana matahari, bisa merusak retina mata kita. Kamera tidak memiliki retina. Bagian kamera yang akan rusak saat tertembus sinar ultra violet adalah sensor.  Fotografer profesional Enche Tjin menyarankan untuk memasang filter ND (Neutral Density) pada lensa kamera. Filter ini akan meredam cahaya yang masuk ke dalam lensa sehingga sensor kamera tidak terbakar.

Contoh filter ND

Filter ND bermacam-macam, ada yang 3 stop (ND8), dan ada yang 10 stop (ND400). Minimum dibutuhkan filter 10 stop, idealnya 14 stop. Kita bisa menumpuk beberapa filter ND untuk mencapai 14 stop, misalnya 1 filter ND 10 stop, dan satu lagi filter 3 atau 6 stop.

Alternatif yang lebih baik yaitu menggunakan Solar filter ND 3.8 yang meredam cahaya matahari sebesar kira-kira 14 stop dan juga sinar inframerah dan ultraviolet yang berbahaya. Solar filter biasanya digunakan untuk teleskop.

Saat memotret jangan melihat langsung matahari tanpa atau dengan filter melalui jendela bidik optik, karena akan membahayakan kesehatan mata. Sebaiknya menggunakan live view/layar monitor, tapi itupun pastikan telah mengunakan filter ND yang pekat.

Lensa yang digunakan seharusnya telefoto, supaya matahari bisa terlihat besar. Lensa telefoto antara 400-1000mm ideal, jika kurang panjang, bisa mengunakan teleconverter atau dikrop supaya mataharinya terlihat besar.

Langkah-langkah setting kamera cukup sederhana yaitu:
1. Dudukan kamera di atas tripod
2. Gunakan ISO terendah, misalnya 100
3. Gunakan manual fokus
4. Pasang filter ND
5. Mulailah dengan shutter speed tercepat, misalnya 1/4000 atau 1/8000 detik
6. Gunakan bukaan kecil seperti f/8.
7. Ubah bukaan sampai mendapatkan gelap terang yang diinginkan. Jika foto selalu terlalu terang, kemungkinan filter yang dipasang ke kamera belum cukup.

Baca Juga: Review Infinix Hot 2, Smartphone 1 Jutaan Yang Andal

Facebooktwitterpinterestmailby feather
Agung Setiawan
Otak-atik, membaca, menulis dan membagikan seputar teknologi.
https://www.onetech.id

Leave a Reply

Top