You are here
Home > Games > Walau Pandemi dan Pendapatan Turun, IEL University 2021 Berjalan

Walau Pandemi dan Pendapatan Turun, IEL University 2021 Berjalan

Facebooktwitterrssyoutubeby feather

Pandemi Covid-19 masih belum tahu kapan berakhir. Nyaris semua sektor industri kena dampaknya. Bahkan Esports yang merupakan industri game online pun ikut terdampak. Namun, mereka yang bergerak di sektor ini pantang mundur.

Dari segi penyelenggaraan esports tidak ada penurunan. Begitu juga dengan jumlah penonton. Artinya, dari sisi ini industri esports tidak terpengaruh oleh pandemi. Namun, pendapatannya secara global turun. Kok bisa?

Esports tidak selalu online. Sebelum pandemi, ada banyak acara yang diselenggarakan secara offline. Nah, pendapatan dari acara itulah yang membuat industri ini mengalami penurunan di tengah pandemi. Bisa dikatakan, sampai akhir tahun 2020, tidak ada acara offline esports yang diselenggarakan.  

Hal ini dirasakan oleh penyelenggara esports di tanah air. MIX 360 ESPORTS yang punya gelaran IEL University Series, selalu punya 2 event, online dan offline. Di acara offline, kita bisa merasakan kemeriahan dan gegap gempitanya dunia gamers. Apalagi di saat ada kontes cosplay yang hanya bisa dirasakan keseruannya secara langsung.

IEL University Series diselenggarakan kali pertama pada 2019. Ini adalah sebuah kompetisi esports resmi pertama untuk tingkat universitas di Indonesia yang didukung penuh oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), dan Indonesia Esports Association (IESPA). Kompetisi ini juga disahkan oleh Federasi Electronic Sports Asia (AeSF), dimana nantinya akan menjadi bagian dari Liga universitas resmi dibawah naungan IESPA.

Pendapatan yang diperoleh dari acara esports yang diselenggarakan secara langsung, termasuk di eventnya MIX 360 ESPORTS, berasal dari hasil penjualan tiket, merchandise, dan makanan. Memang harus diakui, sumber pendapatan ini bisa saja dikenakan di setiap acara online. Namun, tetap saja nilainya tidak bisa sebesar yang offline. Dalam hal ini, Newzoo memberi perkiraan pendapatan barang dagangan dan tiket terkait esports di tahun 2020 turun dari $ 76,2 juta menjadi $ 52,5 juta.

Secara keseluhan, para analis di Newzoo telah merevisi perkiraan pendapatan esports tahun 2020 secara global. Revisi ini memperhitungkan ketiadaan, baik pembatalan di masa lalu maupun penundaan di masa depan, acara esports secara offine. Semula, pendapatan yang dipatok mencapai USD 973,9 juta atau sekitar Rp 14 triliun, turun sedikit menjadi USD 950,3 juta (Rp 13,8 triliun).

Sumber: Newzoo
Sumber: Newzoo

IEL University Super Series 2021

MIX 360 ESPORTS adalah salah satu penyelenggara esports yang sukses bertransformasi di tengah pandemi. Hal tersebut ditunjukkan dengan berhasilnya mereka menuntaskan Grand Final IEL University Super Series 2020 secara online, pada 11-12 Juni 2020.

“Tahun ini, walaupun Grand Final IEL University Super Series 2020 digelar secara online, tetap tidak akan mengurangi antusiasme pecinta Esports seluruh tanah air.” kata Harry Kartono, COO dari MIX 360 ESPORTS, kala itu.

Berbekal pengalaman tersebut, mereka mantap membuka rangkaian acara IEL University Super Series Season 3, mulai Oktober 2020 sampai dengan Mei 2021. “Melalui rangkaian acara ini, IEL juga ikut berpartisipasi dalam mengembangkan peluang industri Esports dengan berbagai kompetisi dan webinar bagi gamers, cosplayer, talenta-talenta Esports, influencer maupun content creatordengan tagline Empowering Passion,” ujar Kartono dalam rilis yang diterime ONEtech, 12 Oktober 2020.

Pada kesempatan yang sama, Edi Lim, Ketua Umum Indonesia Esports Association (IESPA), mengatakan bahwa IEL University Super Series Season 3 2021 ini membuka kesempatan bagi gamers serta content creator agar berkarya di industri ini. “Kami yakin ke depannya, industri ini akan menjadi salah satu bentuk Digital Economy Creative yang berkembang pesat di Indonesia.”  

Baca Juga: Logitech G733 Meluncur, Begini Kesan 9 KOL Saat Menjajalnya

Baca Juga: Hadiahnya Esports Sudah Mengalahkan NBA Dan FIFA

IEL University Super Series Season 3 2021 dimulai dari 11 kota di Indonesia: Bandung, Bogor, Jakarta, Lampung, Manado, Padang, Pontianak, Semarang, Surabaya, Tarakan, dan Yogyakarta. Selama periode tersebut, penyelenggara mencari perwakilan tim terbaik dalam permainan Dota 2 dan PUBG Mobile dari masing-masing kampus untuk berpartisipasi.

Memasuki Januari 2021, dimulailah babak penyisihan yang digelar secara online dengan melibatkan 32 kampus. Mereka yang berhasil lolos sampai final, akan bertanding pada bulan Mei 2021. 

Beberapa kampus yang berpartisipasti, yakni Universitas Dinamika, UPN Veteran Jatim, Universitas Surabaya, Universitas Ciputra, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institut Teknologi Telkom Surabaya, UIN Sunan Ampel, Universitas Sam Ratulangi, STMIK Pontianak, Universitas Tanjungpura, Universitas Kaltara, Universitas Borneo Tarakan, Universitas Diponegoro, Universitas Kristen Duta Wacana, dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Kemudian masih ada Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Institut Pertanian Bogor, Universitas Lampung, Universitas Andalas, Universitas Bunda Mulia, Universitas Gunadarma, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Indonesia, Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Trisakti School of Management, Binus University, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Bung Karno, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Telkom University. 

IEL University Super Series 2021 juga mengadakan Masterclass Webinar mengenai peluang karir di bidang Esports. Sekalipun di tengah pandemi dan diselenggarakan online, IEL University kali ini tetap menggelar acara IEL Star Talent Huntdan ajang IEL Cosplay Championship.Semua acara ini untuk menjadikan passion ke arah profession yang disupport oleh Escafest.

IEL University Super Series Season 3 2020 didukung oleh sponsor utama Super Soccer, Vidio sebagai official OTT Platform dan Bukalapak sebagai Official E-commerce Partner.

Facebooktwitterpinterestmailby feather
Agung Setiawan
Otak-atik, membaca, menulis dan membagikan seputar teknologi.
https://www.onetech.id

Leave a Reply

Top